GERBANG MEDIA GROUP

Gerbang Media Group

Gerbang mencanangkan tahun ini sebagai Total Transformasi Digital.

Ada sejumlah alasan kami agresif mengembangkan platform digital dengan tumpuan awal media online GerbangIndonesia.co.id.

  1. Gerbang harus cepat beradaptasi menghadapi perubahan pasar dan ekosistem di industri media. Industri media merupakan salah satu sektor yang paling terkena dampak digital disruption. Oplah media cetak terus menurun, dan porsi iklan untuk media cetak juga terus mengecil. Transformasi menuju media digital menjadi sebuah keniscayaan.
  2. kelompok usia produktif penduduk Indonesia pada 2019 mencapai 183 juta orang, sekitar 118 juta atau hampir 65 persen di antaranya berusia 15-40 tahun. Mereka yang sangat melek teknologi informasi ini merupakan pasar yang sangat potensial untuk media digital. Ketiga, Tempo ingin menjadi clearing house of information dengan menghadirkan informasi yang dapat dipercaya di tengah sebaran hoaks, terutama di media sosial, yang kian meluas.

Gerbang secara total juga terus mengembangkan produk-produk digital. Salah satunya adalah dengan membenahi Media yang tergabung di dalam Gerbang Media Group dan mengembangkan sebuah platform yang mengintegrasikan semua produk informasi: majalah, koran, dan digital.  

Salah satu anak usaha Departemen Media, Gerbang.co.id atau PT Gerbang Media Cemerlang (GMC), dalam dua tahun terakhir terus mengembangkan produk-produk turunannya, yakni GerbangIndonesia.co.id, BukaDikit.co dan KlikDotCom.com.

            

Sejarah Gerbang

Pendirian media online Gerbang pada 2018 dan Bernaung di bawah Payung Perusahaan PT Gerbang Media Cemerlang (GMC).

Mengapa Gerbang? Terdapat empat alasan mengapa nama “Gerbang” dipilih sebagai nama Media. Pertama, singkat dan bersahaja, mudah diucapkan oleh lidah Indonesia dari segala jurusan. Kedua, nama ini terdengar netral, tidak mengejutkan ataupun merangsang. Ketiga, nama ini bukan simbol suatu golongan. Dan akhirnya arti "Gerbang" sederhana saja, yaitu jalan masuk untuk memperoleh dan menggali informasi yang akurat dan terpercaya. 

Pada tahun 2020, Gerbang menerbitkan edisi pertama majalah Gerbang dengan cover berjudul “Kisruh MotoGP Kembali Bergejolak Sidak DPR RI Dihadang Pemilik Lahan”. 

            

Filosofi Gerbang

Asas jurnalisme kami bukanlah jurnalisme yang memihak satu golongan. Kami percaya bahwa kebajikan, juga ketidakbajikan, tidak menjadi monopoli satu pihak. Kami percaya bahwa tugas pers bukanlah menyebarkan prasangka, justru melenyapkannya, bukan membenihkan kebencian, melainkan mengkomunikasikan saling pengertian. Jurnalisme majalah ini bukanlah jurnalisme untuk memaki atau mencibirkan bibir, juga tidak dimaksudkan untuk menjilat atau menghamba.

Nilai budaya Gerbang adalah objektif, konstruktif, dan inspiratif. Objektif didefinisikan sebagai ....,. Konstruktif adalah ..... Sedangkan inspiratif adalah ....

            

Hubungi Kami